Tuesday, September 14, 2010

Hati-Hati, Laser Buat Presentasi Ternyata Berbahaya

Mata remaja berusia 15 tahun rusak karena terkena laser dari 'pulpen cahaya' penunjuk yang ia beli dari Internet. Insiden ini menimbulkan kekhawatiran banyak pihak.

Insiden itu mengungkapkan betapa berbahayanya penunjuk laser tenaga tinggi ini. Pada bulan terakhir, kasus ini merupakan kasus kerusakan mata ketiga yang dilaporkan karena eksposur laser. Pada Juni, dokter di Inggris melaporkan kejadian ini.

Petugas medis Inggris lainnya juga menerangkan bahwa penglihatannya terganggu setelah anaknya yang berusia tujuh tahun menyinarinya dengan laser yang sama. Penunjuk laser ini dapat dengan mudah ditemukan di Amerika Serikat (AS).

Food and Drugs Administration (FDA) di AS telah membatasi penjualan laser penunjuk ini. Laser penunjuk tidak boleh melebihi batas output 5 watt agar secara legal bisa dijual di AS. Laser penunjuk ini kebanyakan digunakan dosen dan pembicara untuk menunjukkan informasi selama presentasi.

Ironisnya, laser dengan tenaga yang lebih tinggi tersedia di Internet bagi siapa saja. FDA sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka pernah menemukan laser dengan ketentuan melibihi batas resmi. Pihak berwenang menyebutnya “ancaman publik yang sah”.


source: http://www.inilah.com/news/read/teknologi/2010/09/13/816221/hati-hati-laser-buat-presentasi-ternyata-berbahaya/