Tuesday, July 20, 2010

i-Dosing, Candu Baru yang Perlu Diwaspadai

Sebuah fenomena baru bernama "i-Dosing" kini mulai merambah anak-anak di internet. Candu digital ini konon memiliki efek memabukan yang sama seperti ganja, kokain, maupun opium. Waspadalah!

Apa sebenarnya i-Dosing itu? Kata "Dosing" di sini tak lain adalah bahasa slank untuk penggunaan obat terlarang. Berhubung fenomena baru ini menyebar di internat, maka digunakanlah istilah "i-Dosing".

Meskipun tak ada bentuk fisik layaknya obat-obatan terlarang lainnya, namun efek dari "i-Dosing" ini kabarnya sama hebatnya. Orang bisa teler cuma dengan mendengarkan "sesuatu" di internet melalui earphone yang terhubung ke komputer atau alat pemutar musik digital lainnya.

Konon, efek dari kecanduan "obat-obatan" digital ini mulai merambah anak-anak. Untuk mendengarkan musik yang sedikit mendengung namun diklaim bisa membuat seseorang kecanduan ini, pengguna sebelumnya diarahkan untuk membeli sebuah buku panduan berisi 40 halaman di sebuah situs.

"Anak-anak kemudian berduyun-duyun ke situs tersebut hanya untuk melihat tentang apa itu dan nantinya dapat menuntun mereka ke suatu tempat," ujar juru bicara Biro Narkotika dan Obat Berbahaya Oklahoma, Mark Woodward, seperti detikINET kutip dari Wired.

Sekolah-sekolah di Amerika Serikat sendiri belum menerapkan sanksi ataupun mengirimkan surat pemberitahuan kepada orangtua tentang fenomena baru tersebut. Sejauh ini mereka baru melarang penggunaan iPod di sekolah dengan harapan dapat mencegah kejadian buruk dari candu digital tersebut.

Memang belum dipastikan benar-tidaknya efek 'i-Dosing' ini. Namun tidak ada salahnya informasi ini perlu diketahui bagi para orangtua agar lebih waspada dan memperhatikan anak-anak mereka dengan kasih sayang.












source : detik