Wednesday, July 14, 2010

Pria Lebih Sensitif dengan Hormon Cinta

Sebuah temuan terbaru mampu buat pria lebih sensitif, yakni dengan semprotkan hormon cinta.
Umumnya pria tidak sensitif dibandingkan wanita. Secara emosional pria lebih suka menyembunyikan perasaan dan empati. Sebuah temuan terbaru mampu membuat pria lebih sensitif, yakni dengan menyemprotkan hormon cinta.

Sebuah spray atau obat semprot yang mengandung hormon, dikembangkan oleh peneliti Jerman. Dalam spray tersebut mengandung hormon oksitosin atau hormon cinta meningkatkan empati pria.

Pada percobaan terhadap 24 pria, hormon tersebut disemprotkan pada hidung, lalu mereka diperlihatkan gambar-gambar yang bisa menggerakkan emosi, seperti anak kecil menangis, gadis memeluk kucing dan pria yang sedang berduka.

Reaksi mereka lalu dibandingkan dengan pria yang tidak disemprotkan hormon. Ekspresi empati pria yang disemprotkan hormon lebih terlihat. Dan, ternyata pria lebih sensitif seperti ini yang diharapkan wanita.

Oksitosin adalah hormon yang dilepaskan untuk membantu wanita melahirkan dan membentuk ikatan ibu dengan bayinya yang baru lahir. Ada juga yang menyebutnya hormon kasih sayang (cuddle hormone), yang juga bisa diproduksi tubuh saat wanita mencapai orgasme.

Seperti dikutip dari laman Telegraph.co.uk, studi yang dipublikasikan oleh Universitas Bonn dalam Journal of Neuroscience, adalah yang pertama mengungkap oksitosin juga penting dalam terbentuknya perasaan empati. Oksitosin dalam bentuk spray ini sebenarnya telah dijual secara komersial di internet.


source : vivanews