Thursday, September 9, 2010

Mahasiswa Cina Kini Gratis Pakai Kondom

Mahasiswa di Shanghai kini bisa mendapatkan kondom gratis di kampusnya. Bahkan mesin penjual kondom juga telah dipasang di beberapa bangunan asrama dan kantor.

Mesin penyedia kondom ini juga disediakan di gedung-gedung asrama mahasiswa, kamar mandi, ruang cuci, klinik sekolah dan di tempat-tempat yang mudah digapai.
Seperti dikutik Shanghai Daily, seorang pejabat dari Biro Kesehatan Shanghai, Tang Wenjuan, mengatakan mereka memutuskan pemberian kondom secara gratis demi mempromosikan cara melakukan hubungan seks yang aman.

Tang juga mengatakan sejumlah mesin penyedia kondom yang ada di sepanjang jalan juga sudah dipindahkan untuk keindahan kota. Dalam kurun 10 tahun terakhir, pejabat setempat menempatkan 3.000 mesin penyedia kondom di jalan-jalan dan menjualnya dengan harga satu yuan China atau sekitar Rp 1.325 per buah.

Namun kini, mesin itu rusak dan ditutupi debu dan tak banyak orang menggunakannya. Rata-rata, kondom itu hanya terjual satu buah per hari. Karena itu, atas inisiatif pemerintah, mereka kini memindahkan 800 mesin penyedia kondom itu ke dalam hotel dan juga lokasi hiburan.

Sementara, sebuah mesin penyedia di kampus akan dimasukkan ke dalam gedung asrama sebagai alternatif. "Kondom yang dibeli dari mesin penyedia kualitasnya lebih bagus ketimbang yang gratis dan mahasiswa bisa memilih sesuai kebutuhan mereka," kata Tang.

Penduduk lokal bisa mendapatkan kondom secara gratis di lebih 9.000 titik di Kota Shanghai termasuk gedung-gedung apartemen. Sementara, sebanyak 3.638 titik di wilayah tengah kota juga sudah disiapkan sebagai tempat mesin penyedia kondom dan kebanyakan ditujukan untuk pekerja asing.


source: http://www.inilah.com/news/read/politik/2010/09/08/808641/mahasiswa-cina-kini-gratis-pakai-kondom/