Tuesday, September 7, 2010

Polisi Rusia Berubah Menjadi Penjahat

Skandal yang melibatkan kejahatan polisi menjadi makin sering terjadi di Rusia. Kejahatan itu antara lain, penculikan, pembunuhan, penyiksaan dan korupsi di antaranya.

Kondisi ini menimbulkan keraguan terhadap kemampuan presiden Dmitry Medvedev untuk membentuk kesatuan yang tercemar.

Dalam insiden terbaru, empat polisi Moskow ditangkap karena tuduhan penculikan seorang pengusaha yang mereka masukkan ke dalam bagasi sebuah mobil.

Istri dari pengusaha tersebut mengubungi polisi bahwa suaminya diculik pada saat suaminya berada di luar rumah.

Kasus yang sama sebelumnya pernah terjadi, tiga orang polisi Moskow menculik dua orang wanita pada Februari, mereka meminta uang sebesar 50 ribu euro dan mengancam keluarganya untuk dijebak dalam kasus narkoba jika mereka tidak membayarnya.

Polisi terkadang menggunakan taktik yang sulit dan dengan cepat menarik pelatuk. Pada Januari, seorang jurnalis dipukuli hingga tewas oleh seorang polisi di Omsk, sementara di Moskow seorang letnan kolonel menembakkan peluru yang fatal pada seorang pengeruk salju, hanya karena menggores mobilnya.

Sebulan sebelumnya, seorang penyidik di Siberia menembak seseorang yang diduga tersangka pada saat diinterogasi.

Dalam sebuah kasus yang mengejutkan, mayor polisi Moskow Denis Yevsyukov dituduh melakukan dua kali pembunuhan dan 22 kali percobaan pembunuhan pada saat dia berada di sebuah supermarket dan secara brutal menembak karyawan dan pengunjung.

Yevsyukov melakukan penembakan tersebut pada saat sedang tidak bertugas, tapi dia masih mengenakan jaket seragamnya. Dia membunuh seorang kasir dan meluaki tujuh orang lainnya, setelah sebelumnya menembak mati seorang supir taksi yang mengantarnya ke supermarket tersebut.

Sebelumnya dua orang petugas polisi dengan berani mengungkap kebobrokan di kesatuannya, tapi akhirnya mereka dipecat. Demikian lansir AFP.

Alexei Dymovsky dipecat setelah memposting sebut video di situs YouTube yang menyebutkan bahwa korupsi yang terjadi di kesatuannya sudah sangat kronis.

Polisi lainnya adalah Mikhail Yevseyev yang minggu lalu ditangkap karena telah menuduh kepolisian telah memalsukan barang bukti yang membuat dua orang yang tidak bersalah dihukum.


source: http://international.okezone.com/read/2010/08/31/18/368502/polisi-rusia-berubah-menjadi-penjahat