Tuesday, August 17, 2010

Hacker Kembangkan Alat Sadap Ponsel USD1.500

Seorang ahli keamanan komputer mengklaim telah mengembangkan sebuah perangkat penyadapan telepon dengan harga yang terjangkau. Perangkat tersebut hanya seharga USD1.500 atau sekira Rp13.410.000 tersebut mampu merekam setiap percakapan telepon.

Chris Paget, ahli keamanan yang juga telah malang melintang di dunia hacker menunjukkan bagaimana ia mampu membobol teknologi jaringan GSM yang selama ini yang paling banyak digunakan di dunia komunikasi selular. Ia mendemokan perangkat tersebut di depan puluhan hacker yang menghadiri konferensi Hacker DefCon di Amerika Serikat.

Seperti dilansir Financial Times, Paget mampu menyadap sejumlah panggilan yang dilakukan hacker. Menurut Paget, demo yang ditunjukkan menggambarkan bahwa para penjahat bisa melakukan hal yang sama untuk tujuan berbahaya, dan konsumen memiliki beberapa pilihan untuk melindungi diri mereka sendiri.

"Saya berharap penelitian dan pengembangan alat penyadap tersebut akan membantu mendorong penerapan standar komunikasi baru yang lebih aman, GSM merupakan teknologi generasi kedua, tapi bila menggunakan jaringan 3G dan 4G para penyadap akan kesulitan untuk menyadapnya, " katanya.

Ia mencontohkan, ponsel seperti BlackBerry menerapkan enkripsi untuk panggilan yang akan menggagalkan serangan itu. Sistem perangkat yang dikembangkannya hanya mampu untuk membobol perangkat yang menggunakan jaringan GSM dan bukan 3G.


source: http://techno.okezone.com/read/2010/08/01/57/358548/hacker-kembangkan-alat-sadap-ponsel-usd1-500