Friday, August 20, 2010

Payudara Bayi Membesar Karena Konsumsi Susu Formula China

Orangtua dan dokter di China cemas dengan hormon dalam sebuah susu bubuk formula yang memicu pertumbuhan payudara bayi secara cepat. Bayi yang minum susu tersebut punya hormon yang lebih banyak ketimbang wanita dewasa.

Berdasarkan hasil tes kesehatan, ditemukan bahwa tingkat hormon estradiol dan prolaktin pada anak perempuan usia 15 bulan sampai 4 tahun yang diberi jenis susu formula yang sama, jauh lebih tinggi ketimbang hormon pada wanita dewasa.

"Tingginya jumlah hormon pada bayi ini pasti menandakan adanya masalah," ujar Yang Qin, dokter kepala bagian kesehatan anak di Hubei Maternity and Children's Hospital, seperti dilansir dari SMH.

Qin menegaskan bahwa orangtua harus berhenti memberi susu formula pada anak-anaknya dan harus dilakukan penelitian yang lengkap pada susu formula tersebut.

Namun, badan pengawas makanan lokal disana menolak permintaan orangtua untuk menyelidiki susu formula yang diproduksi oleh Synutra, sebuah perusahaan yang berbasis di sebelah timur kota Qingdao.

Susu formula bayi ini diduga masih beredar dan dijual di ibukota provinsi Hubei, Wuhan, dengan potongan harga. Selain itu, susu formula ini juga masih tersusun rapi di rak-rak toko di Beijing, meskipun kekhawatiran telah muncul sejak bulan lalu.

Synutra bersikeras produknya aman. "Tidak ada hormon buatan manusia atau zat-zat ilegal yang ditambahkan selama produksi," ujar juru bicara dari pihak Synutra.

Menurut Wang Dingmian, mantan ketua asosiasi susu di provinsi selatan Guangdong, hormon bisa memasuki rantai makanan ketika sapi dipelihara peternak.

"Sejak peraturan yang melarang penggunaan hormon untuk mengembangkan ternak disusun di China, banyak peternak berbohong dan mengatakan tidak menggunakan hormon tersebut pada hewan ternaknya," jelas Wang.

Produk susu China pernah ditarik dari peredaran di seluruh dunia pada tahun 2008, setelah terungkap bahwa bahan kimia beracun yang digunakan untuk membuat plastik, yaitu melamin, secara luas dan ilegal ditambahkan ke produk susu agar memberikan protein lebih tinggi.

Melamin ditemukan dalam produk dari 22 perusahaan susu China dalam skandal besar yang menyebabkan kematian sedikitnya enam bayi dan membuat 300.000 bayi lainnya sakit di China.


source: http://health.detik.com/read/2010/08/09/150046/1416551/764/payudara-bayi-membesar-karena-konsumsi-susu-formula-china?l991101755