Friday, August 20, 2010

Ini Dia Kendaraan Berbahan Bakar Kotoran Manusia

Gas kotoran sapi jadi bahan  bakar rumah tangga sudah biasa. Lalu bagaimana jika gas kotoran manusia bisa jadi bahan bakar kendaraan?

Ini nyata, Mobil VW Battle Cabrio dapat mencapai kecepatan hingga 114 mph (183 Km) dengan bahan bakar kotoran manusia.

Bahkan, dengan menggunakan gas metana, emisi kendaraan berbahan bakar kotoran manusia ini lebih bersih dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar BBM.

“Mobil ini dinamai Bio-Bug, dengan kapasitas mesin 2.000 cc. Namun performanya tidak kalah dengan bahan bakar konvensional,” ungkap Mohammed Saddiq Head up GENeco, sebuah perusahaan di Bristol, Inggris, yang mengkhususkan diri dalam sampah organic, dikutip dari World Car Fans.

"Sebelumnya gas tersebut belum cukup bersih untuk digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor tanpa mempengaruhi kinerja mesin," katanya.

"Namun, Melalui penggunaan teknologi terbaru Bio-Bug kita dapat mengemudi seperti mobil konvensional  apa lagi menggunakan bahan bakar yang tergantikan," tambahnya.

Meski begitu, bukan berarti mobil ini tidak sama sekali tak menggunakan bensin. Untuk start awal, bensin tanpa timbale tetap saja digunakan. Namun, setelah berjalan, secara otomatis kendaraan ini menggunakan gas metana halus.

"Jika Anda mengemudikan mobil ini Anda tidak akan tahu kalau mobil ini menggunakan biogas karena sama saja seperti menggunakan mobil konvensional," terangnya.

Bio-Bug perjalanan 5,3 mil per meter kubik biogas. Perusahaan ini mengatakan satu fasilitas yang bisa memberikan untuk 95.400.000 mil transportasi mobil per tahun, mengurangi emisi CO2 oleh 19.000 ton.

source: http://autos.okezone.com/read/2010/08/09/52/360987/ini-dia-kendaraan-berbahan-bakar-kotoran-manusia