Thursday, August 19, 2010

Uban Lebih Menakutkan Dibanding Kebotakan

Proses penuaan pada pria sering disertai dengan penipisan rambut dan tumbuhnya uban. Dibandingkan kebotakan, pria Inggris ternyata lebih menganggap uban sebagai ancaman bagi penampilannya saat memasuki usia berkepala 4.

Survei yang dilakukan perusahaan asal Inggris, Mintel terhadap 2.000 pria dewasa di Inggris menunjukkan bahwa pria mulai mengkhawatirkan penampilan saat memasuki usia 45 tahun. Para responden mengeluhkan berbagai perubahan fisik yang dialami seiring dengan bertambahnya usia.

Dikutip dari Telegraph, 5 gejala penuaan yang paling banyak dikeluhkan oleh pria Inggris tanpa memandang kelompok usia adalah sebagai berikut:
Rambut memutih (50 persen)
Kebotakan atau penipisan rambut (40 persen)
Rambut halus di hidung dan telinga (38 persen)
Overweight (37 persen)
Gigi kekuningan (30 persen).

Kekhawatiran tersebut paling banyak dialami oleh kelompok usia 45-54 tahun. Jika secara keseluruhan hanya 10 persen responden yang mengeluhkan 4 gejala atau lebih, pada kelompok ini jumlahnya melampaui angka 25 persen.

Sama seperti pendapat responden secara keseluruhan, kelompok usia 45-54 tahun juga banyak mengkhawatirkan masalah rambut. Di kelompok ini, uban menjadi kekhawatiran bagi 75 persen responden sementara yang khawatir akan kebotakan mencapai 50 persen.

Menurut peneliti, kecenderungan ini antara lain dipicu oleh usia pensiun yang cenderung mundur. Akibatnya, banyak pria dewasa yang merasa harus bersaing dengan rekan yang lebih muda, baik untuk urusan kinerja maupun penampilan.

Menariknya, meski khawatir dengan penampilannya para pria di Inggris tetap tidak merasa butuh menggunakan produk-produk perawatan khusus. Hanya 1/3 pria yang tertarik untuk menggunakannya, sedangkan sisanya memilih larut dalam kekhawatiran tanpa ada usaha untuk mencegahnya.


source: http://health.detik.com/read/2010/08/05/082941/1413898/763/uban-lebih-menakutkan-dibanding-kebotakan?l991101755