Sunday, August 15, 2010

Roti untuk Para "Kanibal"

Roti bukan sekadar jenis makanan. Di tangan "kreator", penganan itu bisa menjadi sebuah karya seni. Perhatikan saja adonan roti yang dibuat Kittiwat Unarrom, pembuat roti di Bangkok, Thailand.

Kittiwat Unarrom dikenal di Bangkok karena "kreasi" rotinya yang nyeleneh. Ia membuat dan memanggang roti berbentuk potongan-potongan tubuh manusia, seperti kepala, lengan, kaki dan jari kaki. Bahkan, dalam "kondisi" seperti berlumuran darah!

Meski terkesan "horor", jangan khawatir, roti buatan Kittiwat dijamin enak. Sejak 2006, ia mengolah roti-roti unik itu dan menjajakannya dalam kemasan khusus di pasar-pasar swalayan di kota itu.

Untuk mencapai estetika "mengerikan" itu, Kittiwat menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari anatomi dan mengunjungi museum forensik. Di sisi lain, ia juga berupaya meningkatkan kelezatan karyanya.

"Bisnis roti ini dikembangkan keluarga saya sejak saya berusia sepuluh tahun," kata Kittiwat. "Saya ingin berbicara tentang keyakinan agama saya dan adonan dapat mengatakan semuanya. Membuat roti menjadai bagian manusia yang menunjukkan bahwa hidup itu sementara."

Namun, kata Kittiwat, roti tetaplah roti. "Saya tidak peduli dengan tampilannya, roti tetap untuk dimakan. Aku berusaha keras untuk membuat karya lebih banyak dan lebih lezat," katanya bangga.


source: http://gayahidup.liputan6.com/berita/201007/288107/Roti.untuk.Para.Kanibal.