Tuesday, August 17, 2010

Teknik Negosiasi Untuk Dapatkan Gaji Ideal

Negosiasi gaji menjadi salah satu bagian tersulit dalam mendapatkan pekerjaan. Jika Anda merasa Anda memiliki kemampuan dan kinerja yang baik, tidak ada salahnya Anda meminta gaji yang layak.

1. Mencari informasi perusahaan
Sebelum wawancara, ketahui terlebih dahulu gaji yang biasanya diterima untuk posisi yang akan Anda tempati. Manfaatkan networking Anda, seperti teman ataupun senior yang bekerja di perusahaan tersebut.

2. Mengetahui kemampuan bekerja
Jika Anda merasa mampu dan banyak memiliki ketrampilan yang dapat menguntungkan perusahaan, semakin besar peluang Anda untuk dapat meningkatkan penawaran gaji.

3. Sebutkan rentang gaji, bukan nominal secara spesifik
Menyebutkan rentang besarnya gaji lebih aman dibanding dengan menyebut spesifik  seberapa gaji yang Anda inginkan. Sehingga, Anda dan perusahaan bisa lebih  fleksibel dalam menentukan gaji.

4. Jangan sebutkan gaji di kantor Anda yang lama
Idealnya, jika Anda mengungkap besarnya gaji Anda di perusahaan yang lama, Anda akan kehilangan 'kartu' Anda. Perusahaan pasti akan  menanyakan hal tersebut, maka tolaklah secara halus untuk menyebutkan nominal gaji dan tetaplah berpendirian dengan nominal gaji yang Anda inginkan. Jika  tetap dipaksakan, lakukanlah mark-up yang masih 'make sense'.


source: http://www.wolipop.com/read/2010/08/02/113033/1411607/857/teknik-negosiasi-untuk-dapatkan-gaji-ideal?w992201835