Thursday, August 19, 2010

Mata-Mata Internet Jadi Bisnis Menguntungkan

Berdasarkan penelitian telah ditemukan bahwa salah satu bisnis di internet dengan angka pertumbuhan yang cukup pesat saat ini adalah 'memata-matai pengguna internet'.

"Kita bisa menyelidiki semua orang dan aktivitas yang mereka lakukan di dunia maya," ujar pegawai staf marketing dari Lotame Solution Inc Eric Porres seperti yang dikutip dari The Wall Street Journal. Lotame sendiri merupakan sebuah perusahaan dari New York yang menggunakan software bernama Beacon.

Software tersebut bisa menyelidiki apa yang orang-orang ketik di internet, komentar mereka mengenai film, ucapan, ketertarikan mereka akan kehamilan, dan lain-lain. Seperti yang sekarang sedang menjadi percobaan mereka, Ashley Hayes Beaty. Melalui Beacon, mata-mata internet akan dengan mudahny mendapatkan informasi bahwa Ashley berusia 26 tahun, tinggal di Nashville, Tennesse, berikut film-film favoritnya.

"Saya berpikir bahwa saya memiliki rahasia pribadi untuk diri saya sendiri, ternyata tidak," ujar Ashley Hayes Beaty. Bisnis Lotame Solution Inc adalah data mengenai orang-orang untuk kemudian menjualnya kepada para pelanggan mereka.

Penyelidikan yang komprehensif telah mengungkap bahwa pelacakan dari para pengguna telah meningkat jauh lebih besar. 50 website besar juga telah meng-install 64 macam mesin pelacak ke dalam komputer pengunjung. Biasanya instalasi ini berlangsung tanpa peringatan. Contohnya situs kamus online nonprofit Wikipedia yang meng-install satu jenis software.

Teknologi pelacakan semakin canggih. Buktinya penemuan terbaru yang bisa melacak apa yang orang lakukan saat itu di internet, lalu langsung bisa melacak lokasi, pendapatan, bahkan sampai kondisi kesehatan. Beberapa alat ini bahkan bisa melacak akun yang sudah dihapus.

Konsumen perusahaan seperti Lotame, siapa lagi jika bukan perusahaan periklanan digital yang membutuhkan data-data pengguna internet untuk berpromosi secara langsung.


source: http://techno.okezone.com/read/2010/08/03/55/359138/mata-mata-internet-jadi-bisnis-menguntungkan